Semakin hari perkembangan di berbagai bidang juga terjadi. Salah satu yang paling terlihat adalah dalam teknologi. Teknologi pemotongan dengan laser adalah salah satu perkembangan yang banyak orang memanfaatkannya.

Kelebihan dari Penggunaan Mesin Laser

Kemajuan teknologi berupa mesin laser tentu menawarkan berbagai keuntungan untuk mempermudah suatu proses.

1. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Dengan keakuratan pengerjaan tentu saja sangat memuaskan hasilnya. Selain itu penggunaan laser bisa memaksimalkan penggunaan material. Limbah dari proses pemotongan juga bisa diminimalkan.

2. Proses pemotongan dilakukan tanpa kontak langsung

Pemotongan dilakukan oleh sinar laser yang mengenai permukaan material secara langsung. Manusia hanya mengatur letak agar posisi sesuai dengan jalur. Tidak ada alat pemotong lain seperti gergaji selain sinar laser tersebut.

Dengan demikian proses cutting dengan laser bisa meminimalkan kerusakan dan kontaminasi. Serta mampu meminimalkan resiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi.

Lihat Juga: Spare Part Mesin Laser

3. Memiliki berbagai fungsi

Memang kegunaan utama mesin dengan laser adalah untuk memotong. Namun mesin juga bisa digunakan untuk mengukir bahkan membuat lubang. Bahan untuk pembuatan juga beragam mulai dari alumunium, kayu, akrilik, kertas, hingga plastik.

Dengan keakuratannya laser cutting bisa membuat berbagai bentuk dan pola. Baik dengan ukuran besar maupun sangat kecil. Tentu sangat berbeda bisa dengan cara memotong konvensional.

4. Sistem pemotongannya praktis

Pemotongan dengan laser adalah berbasis pada teknologi komputer. Dengan demikian dengan sedikit pekerja saja pemotongan bisa dilakukan dengan cepat. Biaya untuk kegiatan produksi tentu saja akan lebih hemat.

Cek Juga: Mesin Laser Cutting

Kekurangan dari Penggunaan Mesin Laser

Kekurangan dari mesin pemotongan laser adalah

1. Memerlukan tenaga kerja dengan keahlian khusus

Penggunaan mesin laser sangatlan rumit. Jadi untuk mengoperasikannya perlu mempekerjakan tenaga ahli yang memang sudah berpengalaman di bidang ini. Selain untuk memastikan mesin bekerja lancar juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Gambar dan pola untuk laser cutting menggunakan file komputer. Tentu saja ada proses pengeditan yang juga memerlukan orang yang sudah mahir melakukannya agar proses produksi berjalan lancar.

2. Memerlukan biaya yang cukup mahal

Harga mesin laser cukup mahal di pasaran. Belum lagi biaya untuk merekrut pekerja dengan keahlian khusus yang tentu harus mampu membayar dengan gaji sepadan. Dan lagi harus mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar dan komponen tertentu jika harus diganti.