Tak segala kelengkapan dapur terbuat dari stainless steel atau tembaga apalagi alat masak. Ada sebagian alat yang diciptakan dari bahan enamel sampai teflon. Tiap bahan metode perawatan dan membersihkannya berbeda-beda. Dengan metode yang benar, pelatan bahkan dapat dipakai dalam bentang waktu yang lama dan tak gampang rusak.

Berikut ini sebagian kiat membersihkan kelengkapan dapur yang dapat kau ikuti di rumah.

Bahan Stainless steel

Agak berbeda dengan bahan lainnya. Sebagian kelengkapan yang diciptakan dari stainless steel dapat dibersihkan dengan metode disabun memakai sponge lembut sampai bersih. Akan tapi sekiranya kotoran yang merekat banyak dan susah dibersihkan, sebaiknya rendam dahulu dengan air hangat sebagian menit untuk melunakkan kotorannya.

Sesudah dibersihkan, bilas panci atau wadah berbahan stainless steel dan keringkan dengan memakai lap atau diangin-anginkan di atas rak piring.

Bahan enamel

Kelengkapan seperti saucepan, panci dan cangkir berbahan enamel amat gampang dibersihkan. Kecuali permukaannya yang licin, tekstur lapisannya juga tidak mempunyai guratan sehingga kotoran bekas sisa makanan tidak gampang merekat. Disamping keuntungannya ini, kelengkapan berbahan enamel rupanya rentan berkarat.

Sehingga untuk menjaga kelengkapan ini supaya konsisten awet, sebaiknya jangan hingga terjatuh atau terbentur benda tajam ya. Sebab bekas goresan pada lapisan enamel bisa sebabkan karat. Sehingga ketika mencuci sebaiknya kencang dikeringkan atau ditaruh di atas rak piring sampai kering seperti panci anti lengket.

Bahan besi

Hampir sama dengan enamel, kelengkapan berbahan besi lebih rentan terkena karat. Supaya konsisten bersih dan terhindar dari karat, sebaiknya bersihkan perlatan berbahan besi ini ketika masih dalam situasi hangat. Caranya dicuci dengan air hangat dan bersihkan dengan memakai spons kemudian keringkan.

Supaya konsisten mengkilap, kau dapat mengolesi permukaan bawah panci dengan minya sayur dan lap dengan tisu dapur hingga kering kemudian simpan.

Berbahan tembaga

Panci berbahan tembaga ini penangananya agak berbeda. Kelengkapan berbahan logam ini menghantarkan panas dengan bagus melainkan sekiranya tak dilapisi kembali dengan stainless steel akan gampang berkarat.

Untuk membersihkan noda pada panci tembaga umumnya dioleskan saus tomat , diamkan sebagian ketika, gosok kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Bahan tanah liat

Kelengkapan tradisional berbahan dasar tanah liat perlu perhatian khusus supaya konsisten bersih terawat. Wadah tanah liat umumnya mempunyai lapisan yang agak lembab dan mempunyai pori-pori. Jangan mencuci tanah liat dengan sabun, sebab zat kimia yang terkandung di dalamnya akan masuk ke pori-por sehingga makanan yang dimasukkan atau dimasak ke dalamnya berpotensi terkena kontaminasi.

Lalu bagaimana metode membersihkannya? Cucilah wadah tanah liat dengan air panas dan kemudian sikat, keringkan dengan handuk dan simpan dengan posisi terbalik dan ditataki tisu. Pastikan peredaran udara ketika mengeringkan maksimal, untuk cegah pertumbuhan jamur.

Lapisan bahan anti lengket

Kelengkapan yang dilengkapi dengan bahan anti lengket memang mesti dirawat dengan benar. Pastikan tak menyentuhkan spatula logam atau besi ke permukaan teflonnya. Apabila memakai alat ini, pastikan spatula yang dipakai berbahan kayu dan silikon. Rendam sebagian menit dengan air hangat kemudian bersihkan kotoran memakai spons halus supaya lapisannya tak tergores.

Sebelum merendam dengan air, pastikan situasi wajan telah dingin ya supaya tak terjadi thermal shock.

Bahan kaca

Kelengkapan berbahan kaca acap kali dipakai untuk memberi tahu makanan yang masih panas. Kacanya tebal sehingga amat pantas membendung temperatur panas. Dikala sedang berkeinginan membersihkan bahan kaca ini, pastikan pakai air mengalir dengan olesan sabun sampai bersih. Cuci dengan sabun dan keringkan sesudah dicuci.

Produk Lainnya : Lilin Aromaterapi &

Kunjungi Juga : https://www.iuiga.id