Index Ventures Has Been on a Run. Now It's Raising Funds to Keep It Up. -  The New York Times

Top Venture Capital Indonesia – Stabilitas dari sebuah perusahaan dievaluasi menurut kerja keras dan modal yang cukup. Tetapi, kalau berbincang-bincang mengenai modal, dilema terberat bagi para pebisnis, terlebih para startup merupakan dilema dana atau modal hal yang demikian. Oleh sebab itu, venture capital atau jasa penyedia modal usaha bahkan hadir untuk menolong menuntaskan dilema permodalan para startup. Sampai ketika ini, telah banyak startup Indonesia yang tumbuh dengan bantuan dana dari Indonesia Venture Capital. Semisal, salah satu perusahaan startup “unicorn” Indonesia, Gojek yang tahun 2019 lalu sukses menerima pendanaan sebesar US$2 miliar dari venture capital. Lalu, apa itu sebetulnya venture capital? Untuk mengetahui lebih dalam mengenai venture capital Indonesia, mari simak penjelasan di bawah.

Apa itu Venture Capital?
Venture capital atau disingkat VC merupakan suatu format pembiayaan yang menyediakan dana untuk perusahaan yang sedang berkembang dengan potensi pertumbuhan tinggi, dengan imbalan ekuitas atau kepemilikan saham. Di sini, venture capitalist mengambil risiko berinvestasi di perusahaan startup, dengan keinginan mereka akan mendapatkan profit yang signifikan saat perusahaan hal yang demikian berhasil. Adapun venture capitalist yaitu pemberi modal profesional dan mengkhususkan dirinya untuk memberikan modal atau dana bagi perusahaan baru yang dievaluasi bisa memberikan keuntungan. Mereka cukup kaya untuk menanggung kerugian yang mungkin muncul sebab berinvestasi di perusahaan berisiko tinggi yang belum rupanya. Sedangkan demikian, ketika memilih perusahaan untuk berinvestasi, mereka akan menentukan potensi pertumbuhan perusahaan, tenaga regu manajemennya, dan keunikan produk atau layanannya.

Kenapa VC Penting Bagi Perusahaan Startup?
Pebisnis seringkali tak bisa mengakses pembiayaan bank sebab kurangnya pengalaman dalam bisnis dan sifat bisnis startup yang berisiko tinggi. Oleh sebab itu, Indonesia venture capital bahkan hadir untuk memberikan solusi. VC Indonesia memungkinkan pebisnis dengan riwayat operasi minimal dan dana yang tak memadai untuk mengamankan modal supaya bisa meluncurkan bisnis mereka dan juga menerima nasihat dari eksekutif bisnis yang berpengalaman. Dengan venture capitalist yang menyediakan dana, venture capitalist akan mendapatkan imbalan berupa kontrol pengambilan keputusan dan beberapa dari kepemilikan perusahaan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Indonesia Venture Capital. Bagi Anda, para perusahaan startup yang sedang memerlukan bantuan dana, karenanya Anda dapat mencoba menerima bantuan dana dari Indonesia VC, AC Ventures. AC Ventures merupakan venture fund teknologi tahap permulaan yang berpusat pada investasi di komputerisasi disruptor Indonesia.