Masalah-Masalah Umum Yang Terjadi Pada Iphone dan Cara Memperbaikinya

Iphone Second – Pernah gak sih kamu menjatuhkan Iphone kamu dari tangan lalu waktu terasa seperti melambat disaat kamu melihat ujung layar kamu retak bukan hanya masalah fisik saja pengguna iPhone juga dapat mengalami beberapa masalah ketika mereka mengupdate Iphone mereka ke iOS yang lebih baru, mentransfer data ke iPhone baru, melakukan jailbreak. Banyak juga masalah-masalah dari software maupun hardware karena adanya bugs yang harus diperbaiki ketika kamu meng-update iOS.

Berikut adalah masalah-masalah yang sering terjadi pada iPhone :

Layar Retak

Tahukah kamu bahwa layar retak merupakan masalah yang paling umum yang terjadi pada smartphone saat ini (29 persen), dan disusul dengan layar yang lecet (27%) berdasarkan penelitian SquareTrade November 2018.

Bisa dikatakan bahwa lebih dari setengah semua permasalahan pada smartphone berkutat pada layar. Ketika layar lecet ataupun retak tentunya kita akan merasa terganggu karena semua yang kita lihat terehalang oleh lecet atau retak tersebut bahkan harus ganti lcd iphone.

Mungkin untuk saat ini layar masih bisa digunakan walaupun sudah tidak nyaman namun ada kemungkinan layar kamu menjadi sama sekali tidak merespon ketika disentuh, ketika hal tersebut terjadi maka mau tidak mau kamu harus membenarkan layar kamu.

Untuk membenarkan layar kamu dapat melakukannya sendiri (namun resikonya besar), membawanya ke Apple service center (harganya sangat mahal), membawanya ke teknisi pihak ketiga http://efix.co.id/ dengan menggunakan jasa ini kamu dapat membernarkan layar kamu dengan harga yang masuk akal.

Tips : Jika iPhone kamu terjadi freeze, kamu dapat mengatasinya dengan mudah, kamu cukup mematikan handphone kamu lalu menghidupkannya kembali

Update OS

Beberapa masalah dapat terjadi ketika kamu update ke iOS yang lebih baru, berikut adalah masalah yang dapat terjadi :

Black Screen of Death

Jika iPhone kamu layarnya menjadi hitam sehingga tidak bisa melakukan apa-apa hal itu bisa jadi terjadi karena kamu telah mengupdate iOS. Jika memang hal tersebut terjadi setelah kamu update iOS hal yang dapat kamu lakukan pertama kali untuk memperbaikinya adalah dengan men”charge” iPhone kamu hingga penuh untuk menghilangkan kemungkinan kesalahan yang ada dalam baterai. Namun jika masalahnya tetap ada kamu dapat mengembalikan iPhone kamu ke pengaturan pabrik lewat iTunes namun semua data kamu akan hilang, untuk mencegah kehilangan data sebaiknya kamu melakukann Back-up dahulu.

White Screen of Death

Sama kasusnya seperti Black Screen of Death, yang menjadi perbedaannya hanya perbedaan warna di layar yaitu warnanya putih. Jika hal itu terjadi kamu dapat me”restart” handphone kamu jika belum mengatasi masalah maka kamu dapat melakukan “Hard Reset” jika masih belum mengatasi masalah juga, kamu dapat melakukan “boot” handphone kamu dengan mode DFU (Device Firmware Upgrade).

Baterai Cepat Habis

Masalah ini merupakan masalah umum yang dihadapi pengguna iPhone adalah baterainya cepat habis, iPhone memiliki kecenderungan menyedot baterai dengan cepat, solusi yang dapat kamu lakukan adalah menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan (kamu dapat melakukannya di pengaturan), meng”uninstall” aplikasi yang jarang digunakan dan yang terakhir adalah “factory reset”.

Terkena Air

Air adalah musuh terbesar bagi perangkat elektronik termasuk juga iPhone, jika kamu secara tidak sengaja menjatuhkan iPhone kamu ke dalam air, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan air yang tersisa dari handphone kamu, setelah itu jangan langsung nyalakan iPhone kamu karena dapat menyebabkan korslet di handphone kamu.

Selanjutnya kamu dapat membongkar (jika kamu bisa) dan direndam dalam beras selama 2 hari, beras akan menyerap air yang tersisa di dalam iPhone kamu. Setelah itu kamu dapat menyalakan iPhone kamu, namun jika masih belum berhasil kamu dapat membawanya ke http://efix.co.id/.

Tombol Volume Rusak

Ketika tombol “mute” rusak kamu mungkin jadi terganggu disaat kamu tidak ingin diganggu (kelas, kantor, dll), ketika kamu tidak ingin diganggu kamu dapat mengaktifkan mode pesawat, cara lainnya adalah dengan membisukan semua suara dengan mengaktifkan Assistive touch. Untuk mengaktifkannya buka Pengaturan > Aksesibilitas > Assistive touch lalu pilih aktifkan

Speaker Tidak Berfungsi

Jika kamu tidak mendengar suara dari speaker iPhone kamu pastikan dulu bahwa perangkat tidak dalam mode “silent”, naikkan volumenya lalu tes dengan memutar video, jika kamu masih belum bisa mendengar suara kamu dapat melakukan “restart” pada iPhone kamu. Jika suara masih belum keluar mungkin terjadi kerusakan pada speaker kamu dan harus diganti.

Masalah Bluetooth

Permasalahan yang umum terjadi juga adalah ketika iPhone gagal memasangkan dengan perangkat lain via Bluetooth, cara memperbaikinya cukup simple yaitu dengan mematikan dan menghidupkan bluetoothnya lalu “restart” perangkat kamu.

Jika masalahnya masih belum bisa teratasi , pergi ke Pengaturan > Bluetooth, lalu pilih “lupakan perangkat ini” setelah itu kamu dapat mencoba memasangkan perangkat kembali.

Tidak bisa menyambung ke WI-FI

Banyak pengguna iPhone yang komplain ketika mereka update ke iOS 11 iPhone mereka tidak dapat terhubung ke WI-FI. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah “restart” iPhone kamu lalu cek lagi koneksi WI-FI nya jika masalah masih terjadi kamu dapat pergi ke Pengaturan lalu pilih Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Aplikasi Tidak Berjalan di iOS 11

Jika kamu telah mengupdate ke iOS dan beberapa aplikasi tidak bisa berjalan hal itu karena Apple telah merubah aplikasi dari 32 bit ke 64 bit. Jadi semua aplikasi 32 bit tidak akan berjalan. Kunjungi App Store lalu pilih aplikasi yang tidak bisa berjalan tadi jika ada update maka lakukan update namun jika tidak ada, sebaiknya cari aplikasi lain yang memiliki fungsi yang mirip karena aplikasi yang tidak bisa berjalan tadi sudah tidak bisa digunakan.

iTunes eror 3194

Jika kamu mengalami kode eror iTunes 3194 ketika kamu mencoba untuk mengupdate atau me”restore” iPhone kamu, hal ini disebabkan karena firmware yang digunakan salah, versi iOS yang diinstall tidak di approve oleh Apple atau Jailbreak.

Hal ini dapat diatasi dengan merubah file “host” yang ada di system atau kamu juga dapat melakukan “factory reset”.

iPhone eror 56

Kode eror 56 biasanya terjadi ketika kamu ingin memulihkan perangkat via iTunes, hal ini dapat terjadi karena adanya masalah konflik pada hardware atau software. Hal-hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengganti kabel usb, mengganti colokan usb portnya, atau gunakan computer/laptop lain

iPhone eror 53

Koder eror 53 terjadi pada iPhone yang memiliki sensor sidik jari, hal ini biasanya terjadi ketika perangkat ingin dipulihkan lewat iTunes namun perangkat gagal melewati tes keamanan dari Apple, cara mengatasinya adalah dengan mengupdate perangkat ke iOS paling update.

Kesimpulan

Dengan menyebutkan beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada iPhone di atas dan memberikan cara-cara memperbaikinya kami harap kamu dapat memperbaiki iPhone mu sendiri, namun jika kamu ingin ahli yang berpengalaman yang memperbaiki iPhone kamu kamu dapat menggunakan jasa http://efix.co.id/.