Spot Menyelam di Indonesia Yang Terbaik

Titik selam yang dipilih meliputi 10 destinasi prioritas diving menurut maturity dari sejumlah tempat. 10 destinasi selam ditambah destinasi prioritas diving itu yakni Bali, Lombok (Gili), Bajo/Komodo, Alor, Manado-Bunaken-Lembeh, Togean, Wakatobi, Derawan-Sangalaki-Kakaban-Maratua, Ambon-Banda, Raja Ampat, ditambah Sabang.

Pada Adex 2019 digelar di Suntec Singapore Convention & Exhibition Center, Tahapan 4, Hall 401-405, Singapura, 11-14 April 2019, Member Regu Percepatan Pengembangan Tamasya Bahari Abimanju Carnadie mengatakan Indonesia mempunyai banyak titik diving keren dengan karakter yang benar-benar khas dan unik.

“Titik menyelam di Indonesia benar-benar banyak. Karakternya di tiap tempat benar-benar khas dan unik. Kami juga tawarkan titik-titik ini pada publik Singapura. Pelancong dapat berkunjung ke sana dan merasakan sensasinya tiap waktu. Kami yakin pergerakan pelancong dengan background Adex akan terus naik di sepanjang tahun ini,”

Menurutnya, 86 titik menyelam yang dikenalkan tersebar dari zona tengah sampai timur Indonesia. Di antaranya Bali, Lombok, Komodo, Labuan Bajo, Alor, sampai Kalimantan Timur. Ada juga Togean, Wakatobi, Banda-Ambon, Lembeh-Manado, dan papua paradise.

“Ini yakni destinasi-destinasi yang luar umum. Tiap destinasi mempunyai komposisi titik dan jumlah bermacam,” tutur Abimanju.

Dari destinasi besar hal yang demikian, Bali dan Labuan Bajo mempunyai 11 titik menyelam. Titik di Labuan Bajo di antaranya Miersi Wall, Tatawa Besar, Tatawa Kecil, Matt’s Wall, dan Sabotan. Walaupun Pulau Komodo mempunyai 10 titik menyelam. Untuk 8 titik menyelam masing-masing dimiliki Alor, Togean, Lembeh-Manado, dan Raja Ampat. Pulau Lombok dan Wakatobi juga mempunyai 7 titik menyelam.

Sementara kawasan Kalimantan Timur mempunyai 6 titik menyelam seperti di Derawan, Kakaban, dan Maratua. Komposisi titik menyelam Pulau Derawan terdiri dari Shark Point dan Blue Trigger Wall. Untuk Kakaban mempunyai Barakuda Point dan Coral Garden. Ada juga titik menyelam Sleeping Turtle dan Fish Country yang ditawarkan destinasi Maratua.

“Indonesia memang mempunyai banyak titik menyelam terbaik. Dalam 1 destinasi mempunyai bermacam titik menyelam dengan karakter berbeda. Dengan komposisi seperti ini, kami optimis dapat menarik wisman dalam jumlah besar,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.