Cat Epoxy atau Epoxy Coating, Anda Tahu Perbedaannya?

Cat Epoxy atau Epoxy Coating, Anda Tahu Perbedaannya?
Sebuah cerita menarik dari seorang pemilik rumah yang berharap menerapkan cat lantai ke lantai garasi mereka. Mereka bertanya, mana yang mesti digunakan untuk garasi aku, cat epoxy atau epoxy coating? Apakah ada perbedaaan diantara keduanya? Jikalau ya, mana yang terbaik. Untuk lebih gampang menjawabnya. Kita tentu perlu tahu dasar-dasarnya epoxy coating, terlebih perbedaan antara cat, cat epoxy, dan epoxy coating (pelapis epoksi).

Baca : Harga epoxy

Miskonsepsi dasar yang berharap kami bahas yakni bahwa epoxy coating bukanlah cat (mungkin Anda kurang sepakat tetapi baca dahulu hingga akhir). Cat lantai untuk garasi umumnya menerapkan lateks akrilik. Banyak produsen cat lantai akrilik lateks yang menawarkan cat dengan kandungan epoksi (dengan jumlah minim) dalam komposisinya dan mereka menyebutnya sebagai cat epoxy. Memang mempunyai kekuatan rekat cukup kuat dan ketahanan yang lebih bagus ketimbang cat akrilik standar, melainkan ini bukanlah cat epoxy tetapi konsisten cat lantai lateks akrilik.

Istilah “cat epoxy” timbul dari terminologi yang diaplikasikan orang ketika mereka mencari epoxy coating. Mencontoh istilah yang diresapi pasar, karenanya banyak produsen epoxy coating mempertimbangkan untuk menerapkan istilah “cat epoxy” untuk menyebut epoxy coating. Akhirnya, istilah ini membingungkan bagi beberapa konsumen. Kenapa? Sebab mereka malahan menganggap cat akrilik (yang dipasarkan dengan nama cat epoxy) juga sebagai epoxy coating meskipun betul-betul berbeda.

Apa itu epoxy coating?
Epoxy yakni campuran antara resin epoxy dan hardener / katalis. Kedua kimia dicampur secara bersama sebelum aplikasikan. Sesudah pencampuran ada batasan waktu dan temperatur. Jikalau berharap memberikan warna pada epoxy coating, karenanya perlu resin yang berwarna cocok harapan. Jikalau tak diwarnai, disebut sebagai clear coating.

Pemakaian epoxy coating bisa sukses dan gagal, sama seperti sifat cat. Tetapi tak sepenuhnya mempunyai sifat seperti cat, pencampuran kedua kimia hal yang demikian mengawali progres reaktif yang menjadikan cross-linking kimia ketika mengering. Keterkaitan silang ini memberikan permukaan yang betul-betul keras dan bendung lama, dimana akan menyegel beton dan membuatnya bendung kepada pengikisan juga bahan kimia. Seberapa kuat ketahanan dan performa lapisan epoxy umumnya ditetapkan oleh mutu dan kandungan padatan dari epoksi yang diaplikasikan. Hingga disini Anda tentu telah memahami perbedaan cat dengan epoxy coating, bukan?

Tingkat kesusahan penerapan epoxy tergantung dari kandungan padatannya
Kemudahan penggunaan dan ketebalan epoxy coating juga tergantung pada volume kandungan padatan. Umumnya ditampilkan sebagai prosentase. Sebagai teladan, epoxy padatan 100% atau 100% solids epoxy, ini berarti hasil 100% akan didapatkan ketika lapisan epoxy di lantai mengering. Untuk epoxy padatan 50% atau 50% solids epoxy, ini berarti Anda akan mempunyai hasil 50% akan didapatkan ketika lapisan epoxy di lantai mengering. Ada pula macam epoxy coating yang tergantung pada bahan pengisi atau filler, merupakan air atau solvents sebagai pelarutnya.

Sebagai teladan, epoxy padatan 100% yang digunakan dengan roller mempunyai sangkaan ketebalan lapisan film berair (WFT) 10 mils. Sesudah mengering, ketebalan film kering (DFT) konsisten pada 10 mils. Walaupun untuk epoxy padatan 50% akan mengalami pengurangan ketebalan lapisan ketika mengering. Epoxy padatan 100% lebih susah untuk digunakan sebab viskositas lebih tinggi (tebal) dan waktu yang terbatas untuk penerapannya. Epoxy coating dengan kandungan padatan yang lebih rendah mempunyai viskositas lebih rendah yang membikin lebih gampang untuk diaplikasikan.

Sebagai teladan, salah satu produk kit epoxy (yang mungkin dipasarkan di supermarket home improvement) dengan padatan sebesar 48%. Akan jauh lebih gampang untuk digunakan dan juga pastinya lebih murah, sebab kandungan padatannya yang jauh lebih rendah, sebanding dengan kualitasnya. Ini bisa digunakan di lantai hampir semudah penerapan cat.

Terkait : Harga Epoxy lantai

Perlu diingat bahwa ini juga berarti hasil akhir lapisan epoxy lantai akan jauh lebih tipis. Imbasnya|} akan memberi pengaruh performa dan kekuatan bendung lapisan lantai kalau dibandingi dengan merk epoxy coating dengan kandungan padatan yang lebih tinggi. Apakah ini berarti bahwa produk kit epoxy ini buruk? Tak juga, Anda menerima apa yang Anda bayarkan. Reviewnya, jangan tertipu dalam permainan nama dalam marketing ketika mempertimbangkan apa yang berharap Anda terapkan ke lantai Anda. Seperti yang Anda sudah pahami, cat epoxy dan epoxy coating berarti hal yang sama. Keduanya yakni pelapis epoxy atau legal saja jikalau berharap menyebut cat lantai atau cat epoxy lantai.