Berikut Kelengkapan Keselamatan Kerja

Bagi seorang pekerja dan perusahaan, keselamatan kerja menjadi hal utama. Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 ini juga dikontrol dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Perusahaan dan pekerja sama-sama seharusnya mengenal seputar keselamatan kerja cocok dengan standar yang berlaku, salah satunya dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang cocok dengan standarisasi.

APD yaitu suatu alat yang memiliki kesanggupan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi beberapa atau semua tubuh dari potensi bahaya di daerah kerja. APD ini terdiri dari peralatan sepatutnya yang diaplikasikan oleh pekerja cocok dengan bahaya dan risiko kerja yang diaplikasikan untuk menjaga keselamatan pekerja sekalian orang di sekelilingnya. Keharusan ini tertuang dalam Regulasi Menteri Daya Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 seputar Alat Pelindung Diri. Dan pengusaha sepatutnya untuk menyediakan APD cocok dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pekerjanya.

Apa saja format Alat Pelindung Diri yang cocok dengan standar Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3)?

1. Helm Keselamatan
Helm keselamatan atau safety helmet ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Helm ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia maupun temperatur yang ekstrim. Untuk sebagian profesi dengan risiko yang relatif lebih rendah dapat memakai topi maupun penutup kepala sebagai pelindung.

2. Sabuk dan tali Keselamatan
Sabuk keselamatan atau safety belt ini berfungsi untuk memegang gerak pekerja supaya tak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diharapkan. Sebagian profesi mewajibkan pekerja untuk berada pada posisi yang cukup membahayakan seperti pada posisi miring, tergantung atau menjelang rongga sempit. Sabuk keselamatan ini terdiri dari harness, lanyard, safety rope, dan sabuk lainnya yang diaplikasikan berbarengan dengan sebagian alat lainnya seperti karabiner, rope clamp, decender, dan lain-lain.

Alat-alat kelengkapan safety yang lain disini ya : Alat Safety

3. Sepatu Boots
Sepatu boot ini berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertikam benda tajam, terkena cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia membahayakan maupun permukaan licin. Bedanya dengan safety shoes lazimnya yaitu perlindungan yang lebih optimal sebab modelnya yang tinggi dan melindungi sampai ke betis dan tulang kering.

4. Sepatu Pelindung
Sepatu pelindung ini berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertikam benda tajam, terkena cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia membahayakan maupun permukaan licin. Kecuali fungsi di atas, sepatu safety berkwalitas juga mempunyai tingkat keawetan yang bagus sehingga dapat diaplikasikan dalam bentang waktu yang panjang. Pelbagai sepatu safety tersedia cocok dengan keperluan. Ada yang antislip, antipanas, anti-bahan kimia, anti-listrik, dan lainnya.

5. Masker
Masker pernapasan ini berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan metode menyaring vemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, aerosol, uap, asap, maupun gas. Sehingga udara yang dihirup masuk ke dalam tubuh yaitu udara yang bersih dan sehat. Masker ini terdiri dari pelbagai macam, seperti respirator, katrit, kanister, tangki selam dan regulator, dan alat asisten pernapasan.

6. Kacamata Safety
Kacamata pengaman ini dipakai sebagai alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara maupun di air, percikan benda kecil, benda panas, maupun uap panas. Kecuali itu kacamata pengaman juga berfungsi untuk menghambat pancaran sinar yang seketika ke mata, benturan serta pukulan benda keras dan tajam. Macam kacamata pengaman ini dapat berupa spectacles atau googgles.

7. Sarung Tangan
Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, temperatur panas, temperatur dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan, tergores benda tajam maupun infeksi dari zat patogen seperti virus dan kuman. Sarung tangan ini terbuat dari material yang bermacam tipe, tergantung dari keperluan. Ada yang terbuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet dan sarung tangan safety yang bendung kepada bahan kimia.

8. Pelampung
Pelampung ini dipakai oleh pekerja yang berprofesi di atas air atau di permukaan air supaya terhindar dari bahaya karam. Pelampung ini terdiri dari life jacket, life vest atau bouyancy control device untuk mengontrol keterapungan.

APD atau Alat Pelindung Diri ini wajib dilihat kondisinya. Sekiranya APD rusak atau rusak atau tak bisa berfungsi dengan bagus wajib seketika dibinasakan. Sebagian APD juga mempunyai masa gunakan, sehingga perawatannya wajib lebih dilihat dan dicatat waktu pembelian serta masa penggunaannya.

Dalam Aturan Menakertrans ini juga diceritakan bahwa pengadaan APD dikerjakan oleh perusahaan, dan pekerja memiliki hak untuk mengucapkan keberatan untuk mengerjakan profesi jikalau alat keselamatan kerja yang disediakan tak memenuhi ketetapan dan syarat.

 

Jadi itu guys kelengkapannya, silahkan cek disini untuk lebih lanjut : Peralatan Safety