Atap Rumah dan Bagaimana Mereka Mempengaruhi Ventilasi

atap rumah

 

Jenis atap rumah yang Anda miliki akan menentukan standar minimum yang harus dipenuhi, misalnya berkenaan dengan ventilasi. Apapun jenis atap rumah yang Anda gunakan, hal ini harus diperhitungkan, karena masalah ventilasi di loteng dapat mempercepat keausan atap. Berikut ini adalah jenis-jenis atap rumah dan bagaimana mereka mempengaruhi ventilasi rumah Anda.

Atap rumah datar

Jika kemiringan atap rumah Anda kurang dari 2⁄12, maka atap rumah Anda dianggap datar. Dalam hal ini, rasio lubang ventilasi dengan langit-langit berinsulasi harus minimal 1: 150 agar ventilasi dapat berjalan dengan baik.

Atap tanpa loteng (sering disebut “langit-langit katedral”)

Atap tanpa loteng biasanya memiliki rasio ventilasi 1: 150. Agar ventilasi dapat berjalan dengan baik, maka bukaan atap harus berjalan di sepanjang dasar dan puncak atap rumah.

Atap dengan jendela atap (gable roof)

Loteng dengan jendela atap menyisakan lebih sedikit ruang untuk soffits. Akibatnya, soffit yang memungkinkan asupan udara yang lebih tinggi (misalnya, dengan perforasi yang lebih besar) harus digunakan.

Mansard roof (atau gambrel roof)

Bagian bawah atap rumah satu ini tidak perlu berventilasi. Namun, bagian loteng harus berventilasi sesuai dengan standar yang sama dengan atap loteng biasa. Bahkan dimungkinkan untuk menambahkan ventilasi udara masuk di sepanjang pangkal bagian atas.

Atap asimetris

Untuk menyeimbangkan asupan udara di bagian atas atap dengan kemiringan atap rumah yang asimetris, persentase lubang ventilasi di sepanjang pangkal sisi yang lebih panjang harus ditingkatkan dan yang di sepanjang pangkal sisi yang lebih pendek dikurangi.

Itulah jenis-jenis atap rumah dan bagaimana mereka mempengaruhi ventilasi rumah Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan atap rumah berkualitas tinggi, maka Anda dapat memperolehnya melalui Shunda Roofing dari Shunda Sucai Indonesia.

Shunda Sucai Indonesia sendiri adalah perusahaan yang memproduksi bahan bangunan, terutama langit-langit PVC. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat memperolehnya melalui website official Shunda Sucai Indonesia di www.sd.co.id/id/berita-detail/desain-minimalis-dengan-plafon-berbahan-pvc-untuk-rumah/123.