Mengenal International Baccalaureate Atau IB di Sekolah Internasional

IB school jakarta

 

IB berasal dari sebuah fondasi pengajaran internasional yang terletak di Jenewa, Swiss. IB ialah kualifikasi yang diakui secara internasional dan diterima di beragam universitas-universitas ternama di dunia.  Saat ini IB school jakarta juga sudah mulai banyak sekolah internasional yang menerapkan sistem ini.

Kenapa IB seperti itu diakui? Alasannya sebab IB memberikan dasar yang kuat dalam pemahaman konsep tiap-tiap mata pembelajaran, dan kecuali itu juga menekankan penyesuaiaan kepada globalisasi, merupakan memahami dan menghormati tiap-tiap kebudayaan yang berbeda-beda. Di Program IB, para pelajar dituntut untuk berpikiran kritis dan dilatih untuk belajar secara mandiri.

 

Bagian-bagian IB

Tiap-tiap pelajar akan dibolehkan untuk memilih 6 mata pembelajaran dari bidang matematika, seni, pembelajaran sosial, bahasa serta pengalaman eksperimental.

Pengevaluasian tiap-tiap mata pembelajaran akan dibagi menjadi 3 bagian merupakan:

 

1. CAS (Creative, Action, Service)

CAS ialah suatu proyek yang dilaksanakan di luar kelas. Para pelajar dapat memilih pantas dengan mata pembelajaran yang mereka ambil.

Semisal untuk mata pembelajaran ilmu sosial, pelajar dapat membikin proyek “mengendalikan acara donor darah”, atau “mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengajaran” dan lain sebagainya.

Sesudah mempertimbangkan topik yang diharapkan dan pantas dengan mata pembelajaran, karenanya pelajar mesti mengendalikan progres proyek.

Hal ini melatih pelajar untuk terjun ke lapangan, mengadakan interaksi dengan orang-orang, mengadakan survei dan penelitian, kemudian menyampaikannya dalam laporan.

Dengan demikian, para pelajar akan lebih terbuka wawasannya dan berkesempatan untuk memakai teori-teori yang mereka pelajari di kelas dalam dunia riil.

 

2. Extended Essay

Para pelajar akan dikasih sebuah topik dan dipinta untuk meyelesaikan essay (sejenis makalah) sepanjang 4000 kata.

Untuk menuntaskan tugas ini, para pelajar mesti melalukan penelitian, bagus lewat tulisan, jurnal, survei, dan cara lainnya yang pantas dengan mata pembelajaran yang diambil.

Disini para pelajar dituntut untuk mandiri, memakai ilmu yang sudah mereka pelajari untuk membahas dan menelaah topik yang dikasih.

Pengerjaan penyelesaian extended essay ini betul-betul menolong para pelajar untuk menyesuaikan diri dengan perkuliahan sarjana. Sebab sema perkuliahan sarjana, tugas seperti ini akan diadakan bagi segala mata kuliah sebagai komponen dari progres pengevaluasian.

 

3. Theory of Knowledge (TOK)

Pengerjaan ini membahas 6 bidang, merupakan budi pekerti, sejarah, seni, matematika, sains dan ilmu sosial. Disini para pelajar dilatih untuk mengemukakan anggapan, argumen, disertai dengan teori-teori yang sudah mereka pelajari, atau ditunjang oleh kabar-kabar relevan yang pernah mereka baca (bagus dari tulisan, TV, jurnal dan lain-lain).

Disini para pelajar akan diuji seberapa mereka memahami pembelajaran yang sudah mereka pelajari, dan seberapa dapat mereka memakainya dalam menelaah dan menuntaskan kasus riil yang terjadi di dunia atau dalam kehidupan sehari-hari.

Tiap-tiap pelajar dapat saja mempunyai pandangan yang berbeda kepada suatu dilema. Kerap kali jawaban tak dievaluasi dari benar dan salah, tapi lewat bagaimana para pelajar memberi tahu sudut pandang mereka danbagaimana para pelajar memberi tahu dan memperkuat argumen mereka.

Dari sini kecuali dapat memperhatikan seberapa dalam para pelajar memahami konsep pembelajaran yang diperkenalkan, emosionil setiap pelajar juga dapat diamati dan dievaluasi.

 

Kelebihan IB dari program pre-university

Berdasarkan kebanyakan pelajar, program IB jauh lebih susah dari program pre-university. Akan tapi hal yang dipelajar juga lebih banyak dan lebih mendalam. Sebab kecuali mempelajari teori, para mahasiswa juga akan dilibatkan dalam kesibukan  atau proyek praktikal seperti CAS.

Namun justru sebab alasan inilah, program IB betul-betul dilihat tinggi di beragam universitas ternama di dunia. Banyak universitas yang akan mendapatkan kredit dari IB, sehingga para pelajar dengan kualifikasi dapat menamatkan gelar sarjana mereka dengan lebih pesat.

 

Baca Juga: Mengenal sistem pembelajaran cambridge curriculum