5 Jenis Mesin Potong Kayu yang Wajib Kamu Ketahui

mesin potong kayu

Pengaplikasian mesin kayu modern betul-betul menolong Anda untuk meningkatkan produktifitas pabrik Anda. Misalnya nih, jikalau Anda memakai metode padat karya”, Anda memerlukan waktu sekitar 5 hari untuk menjadikan satu set tempat duduk dan meja tetamu. Dengan mesin kayu, Anda cuma butuh 2 hari. Lebih efisien kan?

Kecuali lebih efisien dari sisi waktu progresnya, tarif yang Anda keluarkan jadi lebih sedikit. Anda dapat mengurangi tarif daya kerja sebab dengan mesin kayu modern, Anda cuma memakai 1 orang operator untuk menyelesaikan sebuah profesi yang dapat lazimnya “digarap” 4 orang.

Yang jadi pertanyaannya kini yaitu, mesin kayu apa saja yang sepatutnya dipakai? Ada 5 mesin kayu yang sepatutnya Anda punyai.

 

1. Mesin Gergaji Belah dan Potong

Ada dua ragam mesin gergaji yang dapat Anda gunakan dan gampang untu Anda bisa di pasaran :

  • Mesin Gergaji Belah (Mesin Gergaji Kayu)

Mesin ini berprofesi dengan sebuah mata pisau berbentuk lingkaran yang berprofesi dalam poros. Mesin ini akan berputar otomatis dengan sebuah sabuk berjalan yang akan menghantarkan kayu untuk melalui pisau. Anda dapat pakai mesin gergaji ini untuk membelah kayu log atau papan kayu yang lebar.

 

Sistem kerja mesin gergaji potong yaitu memakai pisau berbentuk pita yang elastis dan dapat Anda atur sudut potongnya dengan fleksibel. Anda dapat membikin format khusus serprti potongan lurus, sudut, miring, lengkung dan sebagainya. So, untuk membikin format dasar dari kaki meja, tempat duduk, penampang meja, dan sebagainya, Anda sepatutnya memakai alat potong kayu otomatis yang satu ini.

 

2. Mesin Bor (Drilling)

Mesin bor termasuk mesin kayu konvensional yang telah ada semenjak lama. Fungsi dari mesin bor ini yaitu membikin lubang sekrup, dowel atau pen. Cuma saja masalahnya yaitu, mesin bor ini cuma dapat membikin lubang sekrup dan yang semisalnya satu persatu. So, Anda betul-betul dianjurkan untuk menggantinya dengan mesin bor modern. Apa kelebihan dari mesin bor modern ini? Anda dapat membikin sebagian lubang sekalian pada satu bidang datar kayu dan memprogramnya untuk profesi berulang. Telah kebayang kan tepat sasaran dan efisiensinya mesin ini untuk bisnis furniture Anda?

 

3. Mesin Ketam Kayu / Serut (Planner)

Anda tentu pernah memperhatikan alat serut manual yang dijalankan tukang kayu tradisional kan? Tentu saja Anda telah tahu apa fungsi alat serut hal yang demikian. Ya, benar… alat serut berfungsi untuk menghaluskan satu sisi dari sisi-sisi yang ada di sebuah kayu. Nah, untuk mempercepat pelaksanaan hal yang demikian, ada mesin ketam / serut modern dengan fungsi  dan kesanggupan kerja yang lebih bagus. Mesin ketam modern mempunyai 4 mata kikir dan dapat menghaluskan 4 sisi kayu sekalian dengan tingkat kehalusan yang mendekati hasil amplas. Luar lazim kan?

 

4. Mesin Amplas Kayu

Seandainya bahan kayu telah menjadi format seperti yang Anda harapkan, karenanya langkah terakhir yang sepatutnya Anda yaitu mengamplas kayu hal yang demikian dengan amplas. Nah, mesin kayu modern yang dapat Anda pakai untuk mempercepat pelaksanaan ini yaitu mesin amplas. Mesin amplas akan menghaluskan kayu sampai menjadikan kayu tanpa serat sama sekali pada permukaannya. Mesin ini juga memakai kertas amplas seperti lazimnya, cuma dia berprofesi lebih pesat dari daya manusia.

 

5. Mesin Profil Kayu

Mesin ini berprofesi dengan menyusun profile pada sisi samping kayu. Untuk pelaksanaan penggarapannya, mesin ini memakai mata pisau berporos vertikal yang akan mengiris dari samping. Hasil irisan dari mesin ini betul-betul halus dan lebih menyerupai hasil serutan dari mesin planner. Lazimnya mesin ini masuk dalam komponen mesin finishing.

 

5 mesin kayu modern inilah yang akan menolong daya kerja pabrik meubel menjadi lebih pesat dan lebih optimal sekalian mengurangi tarif produksi. Dengan kelebihan-kelebihan yang ada pada ke-5 mesin  kayu di atas, masihkah Anda memakai sistem manual?

 

Baca Juga: dinamo listrik