5 Tips Agar Cat Dinding Lebih Awet

5 Tips Agar Cat Dinding Lebih Awet

Kesan kumuh dampak tampilan warna tembok yang kusam atau terkupas menyebabkan rumah menjadi tidak enak diperhatikan mata.

Cat dinding pada komponen luar rumah akan lebih kencang mengalami kerusakan seperti warnanya yang memudar atau terkupas sebab paparan cahaya sang surya dan guyuran air hujan. Malahan perubahan iklim juga dapat membikin munculnya jamur di tembok rumah sebab temperatur yang lembab atau berair.

Agar warna cat dinding komponen luar rumah dapat lebih awet dan bendung lama, karenanya simak 5 kiat berikut ini:

 

1. Sesuaikan Cat

Cat tembok umumnya mempunyai tekstur lebih tebal diperbandingkan dengan cat dinding batu atau kayu supaya lapisan semen di bawahnya tak tampak.

Baca Juga: anti bocor

 

2. Bersihkan Dinding Sebelum Dicat

Sebelum mulai mengecat, pastikan dinding dalam kondisi bersih dan tak ada noda atau debu tebal merekat. Adanya kotoran bisa membikin cat tak merekat dengan total sampai rawan mengelupas.

Bila dinding Anda terlanjur telah berlumut, siram dengan air kaporit supaya bibit jamur di tembok mati. Pengecatan dapat diawali saat dinding telah dalam kondisi kering.

 

3. Pilih Cat Khusus Eksterior

Cat khusus eksterior umumnya telah diformulasikan untuk mengecat dinding komponen luar sehingga lebih kuat dan bendung lama untuk melindungi dinding dari perubahan iklim. Salah satu ciri cat dinding luar rumah umumnya mencantumkan keunggulannya seperti weather proof atau weather resistance.

Kecuali itu, kandungan cat ini juga dapat mencegah timbulnya jamur dan flek dampak rembesan air hujan.

 

4. Pakai Teknik Pegecatan

Sebaiknya lapisi dahulu komponen yang susah seperti sudut dinding dan komponen yang dekat dengan atap. Sesudah itu kerjakan komponen lain yang lebih gampang dan oleskan kuas cat cuma satu arah supaya alhasil halus dan merata.

 

5. Pilih Warna Cemerlang

Pemilihan warna cemerlang dianjurkan sebab mempunyai pigmen lebih sedikit diperbandingkan dengan cat warna gelap sehingga resiko kepudaran cat akan lebih sedikit diperbandingkan dengan apabila Anda menerapkan warna pekat. Sebagian warna yang dianjurkan merupakan kuning, hijau muda, atau warna putih.

 

Baca Juga: pelapis bocor dak