Plafon Triplek Bernoda? Ini Cara Mengatasinya

plafon triplek

Cat Pelapis Anti Bocor – Hampir tiap rumah akan mengalami dilema plafon bernoda. Lazimnya, yang menjadi penyebab utama plafon bernoda ialah genting yang tak jarang bocor. Kecuali itu, hewan pengerat seperti tikus juga menjadi penyebab lain kenapa plafon tak jarang bernoda.

Plafon biasanya berbahan dasar gypsum, GRC, dan triplek. Seluruh macam bahan plafon ini tak bisa terhindar dari noda. Supaya noda tak terlalu parah, sebaiknya plafon sepatutnya lantas dibersihkan dan dibetuli. Sebelum membetuli plafon, betapa bagusnya Anda mencari sumber nodanya secara khusus dulu. Hal ini bertujuan supaya progresnya tak sia-sia. Semisal, sumber noda yang berasal dari atap yang bocor, karenanya kebocoran hal yang demikian juga sepatutnya ikut serta dibetuli.

Dikutip dari buku Home Repairing, Solusi Gampang Atasi Kerusakan Rumah, karangan Griya Kreasi, ada sebagian langkah gampang yang dapat Anda teladan. Berikut penjelasannya.

Pertama, siapkan alat dan bahan seperti cat dinding, lapisan alkali, sealer, sarung tangan, bak cat, ampelas, kape serap, tangga, kuas dan roller. Bersihkan plafon dari kotoran atau jamur dengan menerapkan ampelas atau kape serap. Supaya pengecatan kelihatan rata dan tak belang, lapisi komponen plafon yang bernoda dengan alkali sealer.

Diamkan selama satu sampai dua jam sampai lapisan alkali benar-benar kering. Jikalau telah kering, lakukan pengecatan sebanyak dua kali. Pengecatan pertama menerapkan campuran cat dinding dan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat, walaupun pengecatan kedua menerapkan campuran cat dan air 20 persen. Pakai roller supaya merata.

Terakhir, pakai kuas cat pada komponen plafon yang tak bisa dijangkau oleh roller, seperti komponen sudut-sudut plafon.