MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN INOVASI ALAT ENERGI TERBARUKAN

Seiring dengan tuntutan atas keperluan listrik yang terus meningkat, para peneliti ataupun inovator mulai berkompetisi untuk menjadikan teknologi baru. Bagus itu berupa pengembangan (temuan) alat ataupun penemuan karya baru. Demikian yang dijalankan oleh mahasiswa angkatan 2007 Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang. alat teknik

Dengan bantuan Bapak Trihono Sewoyo salah satu dosen di Teknik Mesin UMM, mereka menginovasi Turbin Angin vertikal sebagai upaya pemenuhan pasokan listrik di Indonesia. Bermula dari isu Penunggakan tagihan listrik oleh PEMDA yang cukup sering kali timbul di media cetak, civitas akademik UMM mulai beratensi untuk bisa mengkonversi listrik melewati sumber tenaga terbarukan. Melainkan yang menjadi hambatan utama untuk menjadikan listrik dengan tenaga terbarukan merupakan kontinuitas supply tenaga. Kekuatan angin ataupun surya tak senantiasa tersedia sepanjang tahun.

Banyak hal yang menjadi petimbangan atas pengembangan alat hal yang demikian. Mengingat tunggakan listrik beberapa besar merupakan dari muatan lampu penerangan jalan, karenanya pengembangan temuan alat ini diperuntukkan bagi tempat pemukiman ataupun lampu penerangan jalan. Tentunya angin di tempat hal yang demikian bersifat turbulen (aliran acak dan mempunyai kecepatan bermacam-macam). Kecuali ini tak memungkinkan untuk menerapkan turbin angin Horizontal pada lokasi hal yang demikian. Sebagai pilihan regu pengembang alat menerapkan turbin angin sumbu vertikal ragam helix ataupun involute.

Alat yang telah menjadi perhatian semenjak tahun 2007 yang lalu ini, mempunyai keutamaan tersendiri. Hingga bendung kepada turbulensi, kedua ragam turbin juga kapabel bertahan pada angin berkecepatan tinggi. Kecuali ini sudah ditunjukkan melewati uji coba yang dijalankan di sebagian tempat, salah satunya di Pasirputih, Situbondo.

Turbin ( https://www.teknikmart.com/mesin-las.html) yang sudah terpasang rupanya cukup bendung kepada angin berkecepatan tinggi sehingga cocok dengan situasi di Indonesia yang pada ketika-ketika tertentu sering kali terjadi puting beliung di bermacam-macam tempat. ketika ini uji coba kepada teknologi hal yang demikian masih terus dijalankan, sebagai upaya untuk penyempurnaan kedepannya