Mengolah Air Hujan Menjadi Laik Minum dengan Setrum

air hujan

RO Membrane – Wadah penampungan yang menghadap ke langit menonjol di halaman rumah Frederico di Sleman, Yogyakarta. Dia membikin instalasi pengolahan air hujan itu agar dapat mengonsumsi air minum tanpa semestinya memasak atau membeli. Rico, demikian itu sapaan akrabnya, yang bekerja sebagai desainer interior telah tiga tahun terakhir menampung dan mengolah air hujan menjadi air yang bisa dikonsumsi keluarganya sehari-hari. Termasuk, di dikala kemarau. “Aku bikin instalasi rumah tangga ini dan mau dapat kian disebarluaskan ke rumah-rumah lain,” ujar Rico.

Melewati wadah, pipa dan pemfilteran, kemudian alat listrik, air hujan dapat diolah dengan cara elektrolisa alias disetrum dan menjadi air minum. Rico mengatakan, persiapan alat-alat hal yang demikian cuma memakan waktu 15 menit. “Jadi ini dapat di produksi sendiri dan tak susah. Kurang lebih biayanya Rp 300.000,00 dan untuk alat listriknya aku terbuka untuk mengajari (ke orang-orang sekitar) yang ingin,” kata Rico. Mulanya, dia membikin tes alat ini pada Oktober 2014 bersama kelompok sosial yang sama-sama mau mengolah air hujan untuk bisa dikonsumsi, adalah Sosial Banyu Udan.

Selama mengonsumsi ‘air setrum’ itu, Rico dan keluarga mengaku mendapatkan manfaat yang lebih banyak dibanding air awam. Contohnya, buah hati-si kecilnya menjadi jarang sakit. Salah seorang buah hati Rico, Patricia Karina, menikmati dengan mengkonsumsi air itu dia jadi kuat begadang. Saat menilai kandungan elemen mineral dalam air hal yang demikian atau Sempurna Dissolved Solid (TDS), memperlihatkan angka 18 yang berarti kadar kandungan mineral air yang diolah memang benar-benar rendah.

Pengolahan air dengan penyetruman rupanya mewujudkan mutu air yang bagus. Karena, air yang mengandung elemen mineral terlalu tinggi tak bagus untuk kesehatan. World Health Organization ( WHO) pun mempertimbangkan standar TDS air yang sesuai dikonsumsi ada dalam kisaran 60-10. “Ini benar-benar baik untuk diolah, dengan dielektrolisa ini nanti dipisahkan asam dan basa. Sedangkan awam kita minum yang basa, sebab fungsinya untuk melarutkan (dalam tubuh),” katanya.

 

 

Baca Juga : Filter Air