Beton Terkuat Diciptakan dari Campuran Graphene oleh Ilmuwan

Beton Terkuat Diciptakan dari Campuran Graphene oleh Ilmuwan

Sekelompok ilmuwan dari University of Exeter mewujudkan beton baru dengan mencampurkan bahan graphene. Graphene atau grafena yaitu material semi-logam terkuat yang pernah diuji coba. Material ini amat efisien dalam mengalirkan panas dan listrik.

Material itu diklaim lebih kuat, ramah lingungan, dan lebih bendung lama dibandingi beton umum. Inovasi ini dipublikasikan dalam jurnal Advanced Functional Materials.

Baca Juga: harga besi beton

Campuran beton ini diwujudkan mengaplikasikan teknologi nano, menjadikannya dua kali lebih kuat, dan empat kali lebih bendung kepada air. Berdasarkan Profesor Teknik dari University of Exeter yang juga member regu riset, Monica Craciun, bahan ini mewujudkan pengurangan 446 kilogram emisi karbon per ton.

Dia mengatakan, beton dengan graphene amat layak diaplikasikan di zona yang memerlukan banyak pemeliharaan dan susah untuk diakses. Campuran beton dan graphene ini sudah diuji menurut standar konstruksi di Inggris dan Eropa, yang berarti dapat lantas diaplikasikan dalam pembangunan.

“Terobosan ini amat penting, sebab bisa dipakai dalam skala besar di bidang manufaktur dan konstruksi,” ujar peneliti utama, Dimitar Dimov. Dimov menambahkan, industri telah patut memperbarui dengan pengaplikasian material baru yang inovatif. Mengaplikasikan material yang lebih ramah lingkungan yaitu langkah krusial dalam mengurangi emisi karbon.

Ini yaitu langkah pertama sekalian penting dalam pembangunan berkelanjutan untuk masa depan. Regu riset berkeyakinan bahwa teknik baru ini kapabel membuka jalan bagi material nano lainnya untuk berikutnya dipakai ke dalam campuran beton.

 

Baca Juga: plat bordes