Ternyata Otak Manusia Lebih Suka Gambar dan Warna

Otak

Tiap-tiap orang memerlukan rangsangan yang bagus supaya otak dapat berkembang secara maksimal. Tapi otak manusia sebetulnya lebih menyenangi semua sesuatu yang berbentuk gambar dan berwarna.

Otak memainkan peranan yang penting, sebab di dalam organ ini terdapat sentra dari bermacam-macam kegiatan manusia dan salah satunya berkaitan dengan kecerdasan. Kecerdasan seseorang itu tak menetap, sebab sekiranya seseorang terus menerima rangsangan yang ideal karenanya kecerdasan ini dapat meningkat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak?

“Otak manusia itu lebih menyenangi dengan semua sesuatu yang bergambar dan berwarna. Sebab gambar dapat mempunyai sejuta arti walaupun warna akan membikin semua sesuatu menjadi lebih hidup,” ujar Bobby Hartanto, MPsi dalam acara konferensi Smart Parents Menolong Bapak Gali Potensi Si Pada Golden Waktu di Annex Building Wisma Nusantara Complex.

Nah, sebab otak lebih menyenangi gambar dan warna, sebaiknya buku untuk buah hati-buah hati jangan yang berisi banyak kata-kata, tetapi berisi gambar yang dilengkapi dengan warna-warna supaya lebih menarik.

Dengan membikin poster yang dilengkapi dengan kata-kata positif buah hati akan lebih paham. Contohnya sekiranya mau mengajari buah hati disiplin, buatlah gambar hewan yang sedang mengantri lalu kasihlah artikel ‘Antre Yuk’. Bapak bisa membikin poster sendiri pantas dengan tujuannya apa dan dapat direkatkan di kamar sang buah hati.

“Kian banyak rangsang ideal yang diterima oleh buah hati, karenanya buah hati akan kian bagus dalam mengingat. Serta koneksi antar neuron akan kian banyak dan struktur otak akan rapat,” ungkapnya.

Untuk memperkuat koneksi antar neuron yang telah ada, karenanya wajib dilaksanakan pengulangan sesering mungkin supaya koneksi hal yang demikian kian kuat. Jikalau otak tak distimulasi, karenanya koneksi yang telah terwujud dapat saja menjadi ambrol.

Bobby menambahkan 5-10 menit sebelum buah hati jatuh tertidur yakni waktu yang ideal untuk mengingat atau menanamkan skor-skor tertentu. Sebab pada ketika hal yang demikian ada gelombang tetha di otak cakap mengingat dan menaruhnya sebagai daya ingat rentang panjang untuk perkembangan motorik.