Bitcoin dan Misteri Satoshi Nakamoto

bitcoin

Blockchain Indonesia – Satoshi Nakamoto meluncurkan 31.000 baris kode pemrograman dan mengumumkan melewati dunia online mata uang buatannya yang disebut Bitcoin. Ketidakhadiran permulaan Bitcoin juga ditandai oleh 50 Bitcoin pertama di dunia yang dijadikan melewati metode hal yang demikian, yang kemudian hari diketahui dengan sebutan “Genesis Block”. Ialah Nakamoto sendiri yang menambang “Genesis Block” itu, pada 3 Januari 2009. Bitcoin tak berbentuk koin, uang kertas, perak, apalagi emas. Dia tak kelihatan secara kongkrit. Dia cuma mata uang komputerisasi. Nakamoto diketahui sebagai pencipta Bitcoin. Mata uang yang sepenuhnya dikontrol oleh perangkat lunak.

Tiap-tiap sepuluh menit atau lebih, Bitcoin akan didistribusikan pada mereka yang mengerjakan “penambangan”. Mulanya, Bitcoin populer di kalangan kriptografer, ialah mereka yang berkiprah dalam penelitian penyandian (kriptografi). Tidak heran, kriptografi yaitu pondasi daerah Bitcoin berdiri. Di masa mulanya, Nakamoto malah aktif di kelompok sosial kriptografer. Dia dilaporkan cukup rajin membalas postingan di berjenis-jenis forum kriptografi. Nakamoto sempat bersuara cukup keras, dikala Wikileaks hendak memanfaatkan Bitcoin untuk mendapatkan donasi. Saat itu, Nakamoto memprotes agenda itu.

Menurutnya Bitcoin belum siap untuk perhatian sebesar itu. “Proyek ini butuh tumbuh pelan supaya peranti lunaknya dapat diperkuat sambil jalan. Aku mengajukan pada Wikileaks, bantu jangan pakai bitcoin. Bitcoin yaitu kelompok sosial beta yang masih balita. Anda tidak akan menerima (sumbangan melewati bitcoin) lebih dari recehan saja, tetapi pengaruh yang Anda bawa dapat menghancurkan kami,” tulis Nakamoto pada 5 Desember 2010. Melainkan seiring waktu, mata uang komputerisasi milik Nakamoto itu makin banyak dilirik untuk transaksi komputerisasi. Trennya pelan menanjak sampai menarik perhatian kalangan yang lebih luas. Poin Bitcoin malah meningkat.

Pada dikala pertama kali diluncurkan, satu Bitcoin cuma bernilai kurang dari 1 dollar AS. Namun pada pertengahan Desember 2013, satu Bitcoin berada pada kisaran 710 dollar AS. Ke Mana Nakamoto? Di balik kisah berhasil mata uang komputerisasi ini, Nakamoto rupanya memilih meninggalkan Bitcoin. Pada 12 Desember 2010, sekitar tujuh hari sesudah memperkenalkan pendapatnya ke Wikileaks, Nakamoto menuliskan pesan terakhir di forum. Tentunya, dikala itu tidak ada yang menduga hal itu jadi postingan terakhir Nakamoto.

 

SUmber : Coin Daily